Kamis, 09 Oktober 2014

Ternak Lele, Contoh Usaha Rumahan Prospektif

Di beberapa areal pedesaan atau perkampunga yang penduduknya memiliki pekarangan cukup luas, biasanya terdapat contoh usaha rumahan yang cukup inspiratif untuk ditiru. Dan salah sataunya adalah ternak ikan lele. Apa sih.. menariknya beternak ikan lele ini sehingga banyak orang tertarik untuk menjalankan usaha yang boleh dibilang pemainnya cukup banyak ini..?

Apa karena mudah dalam menternakkan, tidak cepat mati, pasarnya luas atau karena apa..? Ya.., tentunya banyak alasan yang mendasari banyak orang untuk memilih sektor peluang usaha perikanan yang satu ini. Dimana ikan konsumsi seperti lele ini memang paling praktis dalam menternakkannya serta tergolong mudah juga untuk memasarkannya.

Ikan lele merupakan ikan konsumsi yang paling banyak dipilih oleh orang rumahan untuk dikonsumsi seleuruh anggota keluarga, maupun rumah makan atau warung pecel lele yang menggunakan ikan lele sebagai menu pilihan untuk para konsumen. Untuk pasarnya sendiri boleh dibilang cukup luas dan pula cukup mudah untuk dibidik.

Ikan lele bisa dijual ke pasar, ditawarkan ke rumah makan maupun ditawarkan ke industri makanan yang membutuhkan ikan lele sebagai salah satu bahan olahannya. Maka, tak heran bahwa sejak beberapa tahun lalu, banyak sekali orang di perkaampungan berbondong-bondong membuat kolam lele dan menternakkannya lantaran memag pasarnya cukup prospektif, dan lagi, lele tergolong mudah dalam membesarkannya bila dibanding dengan ikan lainnya.

Bagus untuk usaha rumahan

Usaha ini memang sangat bagus untuk dijalankan di rumah, namun tunggu dulu.., karena penting pula untuk memperhatikan lingkungan sekitarAnda, mengingat kolam ikan lele yang berada tepat di tengah-tengah permukiman warga, biasanya bau tidak enaknya cukup menyengat, kecuali kebersihan kolmanya terjaga dengan baik, atau mungkin membangun kolamnya di belakang rumah yang tak terlalu dekat dengan pemukiman. Tapi terlepas dari kekurangan tersebut, usaha ini cukup bagus untuk dirintis di rumah.

Karena mekanisme kerjanya cukup sederhana, bahkan banyak orang tak perlu repot-repot untuk menggali tanah untuk membangun kolam, karena hanya dengan media terpal dengan tiang-tiang penyangga dari bambu maupun kayu yang kuat, maka beternak ikan lele daam terpal pun bisa segera dimulai.

Selain itu, untuk ukuran panjang kali lebarnya kolam, juga bisa kita sesuaikan dengan modal untuk membeli bibit yang kita mampu. Pada umumnya orang beternak ikan lele dalam media terpal ini membeli bibit yang sudah siap tanam atau bibit yang siap untuk dibesarkan dalam kolam ikan pembesaran.

Pada umumnya masa panen bisa kurang dari tiga bulan atau lebih cepat, tergantung kejelian serta penegtahuan dasar yang mumpuni mengenai cara membesarkan ikan lele yang tepat. Menjalankan usaha semacam ini di rumah, tentunya tak harus dijadikan aktifitas utama. Karena usaha semacam ini bisa dibuat sebagai aktiitas sampingan saja, terkecuali bila kapasitas atau luas kolam anda mencapai ratusan meter persegi, tentunya ini butuh pelakuan khusus.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template