Senin, 07 Juli 2014

Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga, Segmen Kreatif

Sebagai peopang ekonomi rumah tangga, tentunya tak hanya suami saja yang bisa cari nafkah, para istri juga ingin sekali unjuk gigi dalam membantu suami untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. Untuk itu tak heran bila bisnis rumahan ibu rumah tangga saat ini memang cukup banyak dijalankan guna untuk sebuah kehidupan ekonomi yang layak dan tercukupi.

Namun sayangnya tak setiap mereka (ibu rumah tangga) bisa dengan mudah menemukan peluang usaha kecil maupun sedang yang bisa sesuai dengan minat atau bakat yang dimiliki oleh masing-masing ibu rumah tangga. Dan tentunya masalah ini perlu dipecahkan, agar para istri juga bisa berreasi dalam menghasilkan uang seperti ibu-ibu lain yang telah lama terjun di dunia bisnis dan peluang usaha.

Segmen kreatif lebih cocok

Apa sih yang di maksud dengan segmeen kreatif ini..? segmen kreatif yang dimaksud di sini adalah, suatu bidang usaha yang dibangun berdasakan kreatifitas dan sentuhan ide-ide murni maupun ide-ide yang telah ada. Secara mudahnya usaha seperti ini bisa kita lihat di beberapa daerah yang mayoritas para ibu rumah tangga memiliki usaha kratif di rumahnya.

Misalnya saja membuat keset dengan kain perca, membuat dompet dari limbah kain sisa produksi, membuat tas dengan bahan tertentu, atau mungkin pernak-pernik atau hiasan yang terbuat dari barang bekas. Dikatakan segmen kreatif lebih cocok, lantaran kebanyakan ibu rumah tangga tentunya memiliki aktifitas pokok yakni mengurus kebutuhan rumah, untuk itu aktifitas bisnis kreatif, tentunya lebih cocok, karena tak terlalu terikat dengan waktu dan juga lebih santai dalam menjalankannya.

Tergantung karakter masing-masing ibu

Rasanya akan kurang adil bila saya hanya memberi contoh, namun contoh tersebut sepertinya kurang mudah diaplikasikan. Nah.. disini tentu akan kembali kepada karakter dari masing-masing ibu rumah tangga tentunya. Dan juga menyesuaikan dengan kemampuan, bahan baku serta prospek pasar yang ada di sekitar kita. Untuk itu, bisnis kreatif untuk ibu rumah tangga tentunya bisa disesuaikan dengan minat dari masing-masing personal.

Contoh, mungkin Anda seorang ibu yang suka membaut kue atau camilan, kenapa tak Anda coba membuatnya dengan bentuk yang lebih unik atau rasa yang berbeda yang belum pernah ada di pasaran. Contoh lagi misalnya di tempat kita banyak sekali limbah kayu dari usaha meubel, tentu tak ada salahnya mengolah limbah kayu tersebut menjadi barang-barang unik nan fungsional. Dan tentunya masih banyak ide lain yang bisa kita cari.

Bagaimana membuat sistem pemasaran ?

Jangan bingungkan soal hal yang satu ini, memang sih... sering dianggap sulit, tapi bukan berarti tak ada jalan keluarnya. Pemasaran bisa sangat beragam sarananya, muai dari menjalin kerjasama dengan toko souvenir, membuat gerai sederhana di rumah, dan paling mudah adalahmemasarkannya lewat internet. Bisa lewat tokobagus, berniaga, atau frum-forum jual beli yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template