Sabtu, 19 Juli 2014

Peluang Bisnis Terbaru dari Makanan Online

peluang bisnis terbaru
Judulnya peluang bisnis terbaru dari makanan online”.. hehe... tak perlu terkejut dan merasa aneh. Mungkin bila awalnya adalah kata makanan, tentu di belakangan biasanya diikuti oleh kata seperti, ringan, pokok, hewan, atau daerah. Ya, makanan online yang dimaksud disini adalah makanan yang dijual secara online. Kalau ini baru jelas..! Intinya makanan yang kita makan seperti nasi, cemilan, kue, roti, pizza, dan masih banyak lagi, saat ini sangat mungkin dipesan secara online.

Yupss..., bisnis makanan online bukan suatu yang baru di masyarakat kita. Sejak beberapa tahun lalu, mungkin sebagian kita sudah banyak menemukan ada makanan yang dijual lewat situ-situ jula beli terkemuka seperti berniaga ataupun OLX yang dulunya tokobagus. Bukan tanpa alasan memang.., perkembangan internet yang begitu pesat memberikan kesempatan bagi banyak orang yang ingin mengembangkna bisnisnya, dan tak terkecuali untuk bisnis makanan.

Jakarta contohnya

Cukup terkejut saat saya menyaksikan tayangan di televisi 1 tahun lalu. Dimana terdapat tayangan wirausaha yang mengangkat profil seorang pengusaha ibu rumah tangga di kota Jakarta yang menerima pesanan kue ulang tahun dan beberapa jenis roti secara online.

Usaha yang awalnya dirintis secara konfensional, yakni dengan membuka gerai biasa seperti toko roti pada umumnya, kemudian meluaskan area distribusi dengan cara membuat website toko online dengan komodity dagang yang ditawarkan yakni kue ulang tahun dengan berbagai model unik nan memikat.

Dengan mematkan website gerainya dan memasarkannya secara online, usahanya pun mengalami peningkatan omset yang cukup signifikan. Usaha makanan yang di-online-kan ini tentu tak menjangkau untuk wilayah luar yang jaraknya terlamau jauh. Mengingat kue ulang tahun memiliki daya tahan yang relatif pendek, usaha makanan online yang satu ini berorientasi untuk pasar lokal atau hanya dalam kota saja. Namun, meski arealnya hanya dalam kota saja, akan tetap prospek pasarnya sangat cerah, pengirimannya pun dilakukan oleh karyawan sendiri.

Contoh lain dari makanan ringan

Kalau yang satu ini sepertinya sudah ada beberapa tahun lalu. Dimana ragam keripik khas daerah, utamanya keripik yang sudah punya nama besar, mulai memasarkan produknya lewat online, baik lewat web perusahaan maupun situs jual beli. Namun tak hanya makanan ringan yang punya nama saja yang eksis tampil di media online untuk meraup banyak omset.

Banyak juga keripik hasil produksi rumahan yang juga tampil di situs jual beli, dan siap merambah pasar nasional. Kita pun bisa juga mengamati teknik pemasaran keripik pedas maici asal Bandung yang cukup inspiratif, yakni memanfaatkan twitter sebagai sarana berjualan yang efektif. Yang pasti, banyak sekali media online yang bisa dimanfaatkan untuk berdagang, tak terkecuali untuk objek makanan.

Tertarik untuk jualan makanan onlien...? yuk coba..

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template