Jumat, 20 Maret 2015

Serba Serbi Bisnis Waralaba Makanan

Memilih menjalankan bisnis waralaba makanan, tentunya bukan pilihan yang salah. Karena, bisnis apapun asal dijalankan secara sungguh-sungguh, konsisten dan dengan strategi yang tepat, tentunya impian untuk sukses di bisnis makanan bukanlah impian semata. Dalam segmen peluang usaha waralaba makanan, atau lebih tepatnya menjalankan bisnis kemitraan, biasanya seorang pelaku lebih dimudahkan dalam menjalankan usahanya.

Karena umumnya bisnis waralaba di segmen makanan, hanya membutuhkan modal untuk membeli paket usaha, serta tempat atau lokasi yang tepat untuk berjualan. Lebih mudahnya, biasanya beberapa program waralaba makanan yang ada memberikan pelatihan singkat bagi mitranya agar lebih kompeten dan menguasai bisnis makanan yang dikelola. Tetapi apakah bisnis yang bisa dibilang bisnis praktis ini sangat mudah dijalankan.. atau malah sebaliknya.? ini dia serba serbi dari bisnis waralaba makanan.

Ragam pilihan waralaba makanan

Dengan maraknya program bisnis waralaba makanan, saat ini kita dimanjakan oleh ragam bisnis makanan yang dikemas dalam bentuk paket bisnis waralaba. Pilihannya cukup banyak, mulai dari waralaba ayam crispy dalam media gerobak maupun cafe, waralaba keripik singkong, waralaba makanan olahan tahu, waralaba makanan kentang, waralaba makanan kebab, dan masih banyak lagi contoh waralaba lain yang dikemas dalam media seperti booth atau gerobak dan yang dikemas dalam usaha restoran maupun cafe.

Adanya banyak pilihan tersebut pun, juga memberikan kita banyak pilihan usaha waralaba dengan tingkatan modalnya masing-masing. Ada waralaba makanan yang bisa didapat perpaketnya dengan harga kurang dari 10 juta, ada yang bisa didapat dengan harga di kisaran 20 juta, hingga ada pula yang mencaia 100 juta untuk ukuran waralaba dengan media cafe dan resto. Dan waralaba makanan dalam bentuk booth atau gerobak pada umumnya, sangat bersahabat bagi para pelaku usaha beromodal kecil, lantaran kebanyakan gerobak makanan waralaba bisa didapat dengan harga terjangkau.

Butuh tempat strategis

Ini adalah syarat penting yang harus diperhatikan, bahwa bisnis semacam waralaba makanan, butuh dibuka dilokasi yang strategis. Ya,, semua orang juga tahu, bahwa setiap usaha perlu tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh pembeli. Namun untuk waraba makanan, baik dalam media gerobak maupun cafe, perlu diperhatikan lokasi atau tempat yang cocok. Ini akan berbeda dengan usaha kaki lima, karena, meskipun waralaba bermodal kecil, lebih memilki gengsi tersendiri dan segmen pasarnya tentu akan berbeda. Lokasi strategis yang cocok misalnya, di depan ruko yang ramai, di dalam areal pusat perbelanjaan, di depan super market, dan di dekat cafe yang ramai.

Tidak boleh asal pilih

Ini menjadi point penting bagi yang tertarik dengan waralaba makanan. Mengingat jenis makanan pada usaha waralab cukup banyak nama waralaba serta banyak pula ragam makanannya, maka harus jeli dalam memilih. Terpenting adalah memilih jenis waralaba makanan yang produknya sesuai dengan selera masyarakat setempat.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template