Jumat, 11 April 2014

Cara Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

bisnis dengan modal kecil
Sudah tidak jamannya lagi menunggu modal besar baru bangun bisnis. Ini adalah jaman modern yang penuh kreatifitas, dan bisnis dengan modal kecil bukan lagi dipandang sebelah mata. Mau tau kiat-kiatnya..! simak ini.

Hilangkang pikiran modal besar
Arti atau maksud kata “hilangkan pikiran modal besar” lebih tepatnya adalah, sebisa mungkin untuk kita memiliki sudut pandang bahwa uang sedikit yang kita miliki bisa kita optimalkan lewat ide bisnis yang brilian dan tak harus melulu tergantung pada besaran dana untuk membangunnya. Meski modal yang dimiliki tergolong kecil, namun tentunya banyak sekali pilihan peluang yang bisa kita pilah-pilah dan kita pertimbangkan.

Mampu membentuk mental dagang
Tentu akan agak repot bila Anda yang terjun di dunia bisnis dengan modal yang tidak cukup besar namun tak memiliki latar belakang atau bakat berdagang. Namun ini bukan masalah besar, karena jiwa dagang bisa kita bentuk dengan banyak-banyak belajar dan melakukan pengamatan pada beberapa usaha atau bidang bisnis yang ada di sekitar kita. Untuk bisa memutar modal yang sedikit itu memang butuh pengetahuan yang mumpuni mengenai peluang bisnis yang ada di sekitar. Dan membentuk mental dagang itu bisa kita lakukan dengan berhitung mengenai modal yang dikeluarkan dengan target laba yang diinginkan. Namun terpenting juga adalah soal kelihaian dalam ilmu marketing yang baik.

Mulai pertimbangkan peluang bisnis dengan modal kecil yang ada
Sudah barang tentu bahwa kondisi lingkungan di sekitar kita, baik kota maupun kampung, menyimpan banyak peluang untuk kita bisa mengambil moment ramai pada masyarakat untuk kita sajikan sebuah bisnis atau bidang usaha yang banyak dibutuhkan masyarakat sekitar. Adapun peluang tersebut bisa jadi ada banyak, dan bisa mencakup semua bidang. Mulai bidang hiburan, bidang pendidikan, bidang kuliner, bidang usaha jasa, dan banyak sekali bidang penting yang memiliki potensi untuk kita ambil segmen bisnisnya.

Anda pun bisa mulai membayangkan, kira-kira usaha apa yang belum ada di sekitar Anda, yang kira-kira bisa dikemas sebagai media bisnis modal kecil yang bisa dijalankan dari rumah maupun menyewa sebuah tempat semacam toko. Misal, kuliner seperti rujak, gerobak franchise, bimbingan belajar anak Sekolah Dasar, jasa penitipan anak, persewaan dvd, dan lain sebagainya.

Pengelolaan berdasar nilai modal
Ini tentu akan kembali kepada kita masing-masing, dimana masing-masing kita tentunya memiliki kapasitas atau kekuatan modal yang tak sama. Mungkin untuk ukuran modal kecil menurut Anda bisa 5 juta, 10 juta atau mungkin 20 juta dan lain sebagainya. Namun ada dasarnya berapapun nilai modal yang Anda miliki, sangat mungkin untuk diputar sebagai modal bisnis apapun asal sesuai kapasitasnya. Jadikan modal kecil Anda efektif, maksudnya pilihlah usaha yang belum ada namun cukup rendah nilai modalnya dan bidangnya juga sesuai dengan kemampuan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template