Sabtu, 10 Mei 2014

Ide Bisnis Modal Kecil, Cuci Kinclong Motor Kusam

ide bisnis modal kecil
Dibutuhkan keberanian yang cukup besar memang, bila kita hendak melakukan suatu hal yang besar, khususnya dalam menciptakan sebuah ide bisnis modal kecil atau usaha yang bermodalkan uang yang cukup sedikit. Namun modal uang yang sedikit tersebut tak lantas menjadi hambatan bagi kita untuk maju dalam menggapai kesejahteraan finansial lewat sebuah bisnis yang nantinya akan dikelola.

Salah satu ide bisnis modal kecil yang mungkin bisa Anda coba adalah jasa cuci sepeda motor. Namun kali ini kita tidak akan bermain pada jasa cuci motor yang sifatnya cenderung umum atau biasa. Ide bisnis ini sebenarnya bukan original, pelakunya di beberapa daerah sudah cukup banyak, namun berhubung banyak yang tak mengerti sehingga peluang ini mungkin belum pernah diliput oleh media.

Cuci kinclong motor kusam

Inspirasi bisnis ini sengaja saya tulis saat melihat tampilan mesin sepeda motor seorang teman, nampak seperti baru padahal motornya merupakan produksi tahun 2007. Usut punya usut ternyata motornya dicucikan pada tukang cuci motor yang memang khusus untuk membuat mesin kinclong nampak seperti baru, entah bahan apa yang digunakan untuk mencuci, namun endapan debu pada mesin yang susah dihilangkan meski dengan detergen dan sikat bekas, malahan bisa hilang dengan mudahnya. Mesin pun nampak seperti baru dan seluruh bagian motor yang terdapat kotoran akibat endapan debu yang membuat beberapa bagian pada besi menjadi warna agak kuning atau kusam pun hilang.

Konsumen kebanyakan adalah motor lama

Pada umumnya usaha semacam ini memiliki pangsa pasar yang cukup unik, yakni didominasi oleh beberapa motor produski yang sudah 10 tahun lebih, yang ingin tampil kinclong nan sangat bersih. Perlu diketahui bahwa cuci sepeda motor pada umumnya hanya bisa membersihkan kotoran yang seperti debu maupun kotoran di jalanan pada musim hujan. Dan untuk media usaha yang satu ini adalah dikhususkan bagi mereka yang memiliki motor edisi lama yang nampak kusam namun ingin selalu tampil kinclong. Tak hanya bagian mesin atau bagian yang terdapat endapan debu pada besi saja, namun bagian bodi pun dipoles menjadi mengkilap dengan poles yang banyak dijual dipsaran.

Peralatan cukup sederhana, namun untung menggiurkan

Bila dilihat dari segi persiapan modal, boleh dibilang usaha ini merupakan ide bisnis modal kecil yang cukup bagus dan sangat menguntungkan. Karena dengan modal yang cukup rendah seperti beberapa peralatan tambahan seperti sikat khusus dan obat penghilang kerak, untuk tarif justru bisa dibuat lebih tinggi. Misal bila cuci motor biasa hanya mengenakan tarif antara 5000-7000an, maka untuk usaha yang satu ini tarifnya bisa 3 kali lipatnya lantaran lama pengerjaan serta hasil yang sangat memuaskan. Namun harus tahu betul mengenai bahan-bahan atau obat kerak apa saja yang diperlukan, selain bisa mngusir kusam namun tentunya juga aman bagi cat motor.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template