Kamis, 08 Januari 2015

Contoh Bisnis Rumahan dari Mengolah Hasil Bumi

Mencari inspirasi bisnis terkadang memang tidak mudah, apa lagi untuk contoh bisnis rumahan yang punya prospek bagus dan layak untuk ditiru. Tentunya tak setiap bisnis yang ada bisa mudah kita contoh dan segera diaplikasikan di rumah kita masing-masing.

Perlu diketahui bahwa bisnis yang bisa dijalankan di rumah itu biasanya memiliki beberapa kriteria, yakni bisnis yang menyasar orang sekitar atau orang lokal sebagai konsumennya dan atau bisnis produktif yang aktifitasnya di rumah sendiri namun areal pasarnya bisa dalam kota maupun luar kota. Nah..., pada kali ini kita akan coba kasih satu contoh bisnis rumahan dari mengolah aneka hasil bumi yang dijadikan produk makanan untuk dpasarkan di daerah kita sendiri maupun di luar daerah.

Produksi olahan singkong

Saat ini singkong memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Aneka olahan singkong yang ada saat ini cukup mampu mendominasi pasar bisnis camilan bahkan hingga tingkat nasional. Beragam makanan dari bahan singkong sendiri bisa dengan mudah kita temukan mulai di warung-warung dekat rumah, super market hingga gerobak-gerobak franchise. Nah... inilah peluang yang bisa kita ambil untuk membangun peluang usaha skala rumahan, yakni dengan mengolah singkong menjadi produk makanan yang bernilai, untuk kita pasarkan di wilayah sekitar maupun menyasar pada pasar atau market di pusat kota kita.

Ini sangat cocok bagi kita yang tinggal di daerah pertanian subur, dimana hasil singkongnya cukup berlimpah, mendapatkannya mudah serta harga pun cukup bersahabat. Untuk singkong sendiri biasanya diolah dalam bentuk makanan camilan seperti keripik singkong asin, keripik singkong pedas, da keripik singkong manis. Dan untuk kue basah bisa berupa dalam bentuk getuk, bisa getuk lindiri, getuk khas daerah atau pun getuk goreng. Selain itu, olahan singkong menjadi tape yang cukup familiar di kawasan jawa juga cukup prospektif untuk dibidik.

Beberapa pilihan dari objek singkong tadi tentunya bisa kita pilih salah satu untuk ditekuni bisnisnya. Semua akan mudah, bila kita paham akan potensi pasar di daerah kita masing-masing. Dan ini tentunya membutuhkan pengamatan pasar dalam jangka waktu tertentu.

Bahan baku obat-obatan

Indonesia sendiri cukup berlimpah dengan hasil buminya, dan tak hanya bahan baku makanan seperti singkong saja, namun beberapa tanaman sebagai bahan baku obat-obatan maupun jamu juga cukup berlimpah di sini. Lihat saja di daerah pedesaan, dimana cukup banyak warga yang suka menanam tanaman bumbu masakan maupun tanaman sebagai obat yang ada di pekarangannya, dan tak jarang mereka juga memiliki kebun yang berisi banyak tanaman bahan baku obat-obatan seperti jahe, kunyit, kunir, kapulaga dan lain sebagainya.

Lalu apa potensi bisnisnya..,? tentu saja ada, kita bisa menjadi pengepul untuk komoditi tanaman-tanaman obat, dan menjualnya kepada industry obat. Dan ini sangat cocok sebagai bisnis rumahan bagi kita yang tinggal di daerah yang kaya akan tanaman obat dan tanaman bumbu masak.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template