Jumat, 16 Mei 2014

Contoh Usaha Modal Kecil Produksi Ragam Camilan

contoh usaha modal kecil
Memiliki modal yang sedikit bukanlah menjadikan jalan buntu untuk berbisnis. Meskipun modal Anda kecil, banyak sekali pilihan jenis bisnis atau usaha yang dengan sangat bebas bisa kita pilih. Dalam sebuah aktifitas membangun usaha, tentu pondasi yang cukup dominan adalah soal modal. Namun untuk kapasitas modal yang tergolong rendah, tentu harus dialokasikan pada jenis usaha yang tepat, seperti pada contoh usaha modal kecil dengan modal kurang dari 5 juta rupiah yakni membuat berbagai macam camilan untuk mengincar pangsa pasar camilan malai dari anak-anak, hingga orang dewasa.

Pada contoh kali ini mungkin agak berbeda dengan artikel-artikel sebelumnya, karena untuk jenis usaha yang ini akan terkonsentrasi pada banyak jenis makanan ringan yang segmen pasarnya cukup variatif. Bisa berupa makanan ringan sebagai jajanan anak, makanan ringan seperti emping, keripik, atau stik dalam kemasan harga seribuan, hingga aneka keripik buah yang dikemas dalam wadah besar dalam ukuran gram untuk harga pasaran 5000 hingga 10000 rupiah perbungkus. Bagiamana memulai contoh usaha modal kecil yang satu ini...? kita simak bersama.

Ketahui beberapa jenis makanan terlaris

Tka usah mencari contoh-contoh di internet atau majalah mengenai makanan atau camilan apa yang kira-kira bagus dan menarik. Karena Anda cukup cari tahu mengenai jenis-jenis camilan apa saja yang diminati di sekitar kita. Namun tak ada salahnya pula membuat makanan ringan jenis baru yang belum terdapat di toko-toko sekitar kita. Namun disarankan untuk lebih mudahnya, pkeahui dan pilih beberapa jenis camilan yang harganya terjangkau, mudah dalam pembuatannya, dan pasarnya terbuka lebar. Amati pula mengenai jenis-jenis makanan yang paling diminati diantara jenis-jenis makanan camilan yang lainnya. Ini bisa langsung kita lihat saat di warung atau toko kelontong di sekitar kita.

Pilih sesuai bahan baku yang tersedia

Mungkin di tempat Anda banyak sekali terdapat bahan baku talas, maka ini bisa menjadi objek bagus untuk kita oleh menjadi keripik talas yang cukup diminati pasar, dan kita pun bisa mengolahnya dalam berbagai varian rasa dan ukuran kemasan yang berbeda-beda. Yang terpenting adalah kita bisa kondisikan aktifitas produksi dengan ketersediaan bahan baku yang ada, entah itu bahan baku yang terdapat di temoat Anda mungkin bisa singkong, pisang, jagung, kentang, yang jelas sesuaikan jenis camilan sesuai bahan baku yang ada saja. Agar tidak menjadikan repot-repot dalam mencari bahan baku. Toh satu jenis bahan baku semisal singkong, bisa kita jadikan dalam berbagai macam jenis camilan.

Kenapa perlu beragam.. ?

Meski berdiri dalam kapasitas usaha kecil bermodal kecil, namun tak berarti kita akan lantas menjadi kecil seterusnya. Untuk itu menciptakan banyak varian cukup penting untuk menjangkau luasnya pasar dan jenis konsumen dari berbagai latar belakang selera. Misal dari bahan baku singkong, kita bisa buat camilan mulai dari, keripik singkong pedas, keripik singkong manis, getuk khas jawa, dan berbagai macam makanan yang bisa dibuat dari singkong. Dan aktifitas produksi pun tak menjadi jenuh, karena banyak sekali jenis makanan yang dibuat, jadi tidak monoton pada satu jenis makanan saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template