Senin, 28 Juli 2014

Peluang Bisnis Makanan, Buatlah Mudah & Prospektif!

peluang bisnis makanan
Ada beragam peluang bisnis makanan yang mungkin kita lihat setiap hari di televisi, majalah hingga di internet. Namun mungkin tak kesemuanya yang kita lihat mampu menggerakkan kita untuk melakukan hal yang sama yakni berwirausaha di bidang makanan. Usaha di bidang makanan boleh dibilang sebagai usaha yang sangat padat dan ramai pemain.

Bisa kita lihat saat kita keluar dari rumah beberapa langkah saja. Dimana ada banyak usaha makanan yang bisa langsung kita lihat. Mulai dari penjual bakso, warung makan, penjual nasi goreng, penjual gado-gado, penjual ketoprak, dan beragam usaha makanan skala mikro hingga sekelas usaha besar. Tetapi, untuk melakukan hal yang sama seperti yang telah dilakukan orang lain, yakni membuka usaha makanan, tentunya butuh perhitungan matang.

Karena dalam bisnis itu, tentu butuh perencanaan, tak bisa dibuat main-main. Butuh keseriusan total untuk terjun di bisnis. Harapan kita semua dalam bisnis makanan, tentu ingin memiliki usaha yang bisa mudah dijalankan dengan prospek masa depan yang cerah. Mengenai peluang bisnis makanan yang mudah dan prospektif, tentu menjadi harapan saya dan juga para pembaca sekalian. Untuk itu kita perlu cermat sebelum memilih.

Pilih makanan yang Anda kuasai

Kompetensi atau penguasaan sangat dibutuhkan dalam bisnis makanan. Saya pernah melihat tayangan di televisi pada sebuah acara “ide bisnis”, bahwa ada tips yang dipaparkan oleh owner atau pemiliki sebuah restoran makanan Jepang di Jakarta yang kini tengah berjalan dengan baik. Beliau berkata yang kurang lebih seperti ini “kalau Anda buka usaha restoran, maka Anda harus menguasai resep atau menu-menu yang disajikan, serta Anda harus lebih pintar dari koki yang bekerja pada Anda”.

Intinya apa, bahwa bila kita ingin terjun di bisnis makanan, maka kita harus benar-benar kuasai jenis makanan yang dijual tersebut, dan tentunya kompetensinya itu meliputi banyak hal, tak hanya soal rasa, namun juga daya tarik marketnya.

Contoh, bila Anda ingin buka warung baso, maka resep bagaimana membuat baso yang enak tentu harus Anda kuasai dengan baik. Namun tak sampai di situ saja, soal lokasi juga harus benar-benar dipahami, bagaimana sebuah lokasi bisa mudah dijangkau konsumen, lalu konsep warung yang dibangun seperti apa, untuk kalangan pasar mana dan lain sebagainya.

Makanan & potensi sebuah kota

Setiap kota memiliki karakter daya beli yang berbeda. Ini pun perlu kita pahami bila ingin mendirikan usaha makanan di daerah kita. Untuk kota yang banyak dikunjungi wisatawan, seperti Bandung, Malang, Semarang dan lain-lain, tentunya bisa kita jadikan objek menarik untuk bisnis makanan. Misal kita bisa mendompleng nama kota dengan membuat makanan jenis tertentu. Misalnya keripik pedas khas Bandung, atau keripik apel asli malang. Menjualnya tak melulu lewat cara lama seperti memajangnya di toko, namun bisa juga dijual secara online.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © . Sinau Peluang Usaha - Artikel RSS · Komentar RSS
Modify Template